Senin, 12 Oktober 2015

Pembahasan Sistem Basis Data ( Oracle Database, MySQL, Firebird, Visual Foxpro 6.0 )

Selamat siang blogger.
Mengawali siang dihari Senin, 12 Oktober 2015 aku mau berbagi artikel nih yang aku ambil dari beberapa sumber agar menambah pengetahuan bagi blogger semua dan untuk memenuhi Tugas Sistem Basis Data.


Baik untuk pertama kita disini akan membahas apa itu Oracle ?

Oracle adalah relational database management system (RDBMS) untuk mengelola informasi secara terbuka, komprehensif dan terintegrasi. Oracle Server menyediakan solusi yang efisien dan efektif karena kemampuannya
Mendengar nama ORACLE, bagi kaum IT (baca ‘IT Professionals’) langsung terbayang Server Database kelas atas, sebanding kemasyurannya dengan MYSQL maupun SQL Server. Hal ini memang tidak salah, namun kalau mau ditilik lebih lanjut, sebenarnya ORACLE memiliki 3 makna:

   1. ORACLE DATABASE SERVER: citra umum bagi sementara masyarakat, merupakan Relational Database yang sangat konsisten sejak di release tahun 1979. Sebagai database, Oracle dapat dijalankan pada Windows maupun Linux. Hal ini merupakan salah satu keunggulan dibanding dengan SQL Server yang hanya bisa dijalankan dalam Windows.
   2. ORACLE sebagai PLATFORM: Sebagai platform, ORACLE memberikan alternatif yang sangat luas. Tidak saja memiliki dukungan terhadap JAVA, tetapi mempunyai solusi PHP dan bahkan mendukung implementasi dotNet Framework dari Microsoft. Selain itu, Oracle juga memiliki berbagai alternatif Aplikasi Siap Pakai.
   3. ORACLE Corporation: sebagai Perusahaan Raksasa di bidang IT. Hal ini yang mungkin belum disadari banyak orang (kecuali pengamat/pelaku IT). Perusahaan yang didirikan tahun 1982 sebagai ORACLE Corporation, merupakan pengembangan dari perusahaan Relational Software Inc (RSI) yang sudah merilis Oracle Versi 2. Di tahun 2009 ini, Oracle Corporation sudah dapat disandingkan dengan Raksasa Software Microsoft. Bahkan, bila saja pembelian Sun Microsystem disetujui, Oracle sudah menjadi perusahaan yang memiliki segalanya:  Database, Application Platform, Application Software, dan (kalau jadi membeli SUN Microsystem) memiliki Hardware.

Berikut adalah Kelebihan dari Oracle:
- Merupakan software DBMS yang handal dan memiliki kemampuan yang tinggi.
- Dapat menangani jumlah data dalam ukuran yang besar.
- Dapat mengolah data dalam ukuran besar dan mengolahnya dengan cepat sehingga didapatkan informasi yang akurat sesuai permintaan pengguna/user.
- Memiliki kemampuan akan fleksibilitas dan skalabilitas yang dapat memenuhi tuntutan akan data dan informasi yang bervolume besar dan terus-menerus bertambah besar.
- Memiliki kemampuan Technology Cluster Server, dimana jika terdapat lebih dari satu unit server misalnya 100 unit server maka Oracle dapat menjadikan 100 unit server tersebut aktif bekerja bersama sebagai 100 aktif server.
- Memiliki kemampuan untuk management user dan tiap user bisa diatur hak akses terhadap suatu database oleh database administrator.
- Bisa berjalan pada lebih dari satu platform system operasi.
- Pemrosesan data yang sangat cepat, open source.
- Ketika kita mengakses database dan kemudian ada kejadian seperti listrik mati misalnya maka data yang sudah kita simpan tidak rusak/hilang. Oracle memiliki kemampuan flashback, sehingga semua jenis transaksi yang salah akan dapat dikembalikan. Dan dapat menampung data dalam sekala besar.
- dalam PvE maupun PvP, Oracle dapat meningkatkan kerja tim dengan berbagai buff, menghidupkan kembali orang yang mati, sehingga dicari cari untuk party, selain itu juga terlihat pada besarnya MP yang dimilikinya.
- Dapat bekerja di lingkungan client/server (pemrosesan tersebar).

Setelah kita mengetahui Kelebihan dari Oracle lalu kita akan membahas mengenai Kelemahan dari Oracle :
- Merupakan software DMBS yang paling mahal, paling rumit, dan paling sulit untuk dipelajari.
- Membutuhkan spesifikasi hardware yang tinggi untuk dapat menjalankan software DMBS Oracle supaya berjalan dengan stabil.
- Hanya diperuntukan bagi perusahaan berukuran besar, dan tidak cocok untuk perusahaan kecil maupun menengah.
- Data yang bertambah ukurannya akan mengalami kelambatan proses, jadi harus ada database management.
- Harga yang sangat mahal untuk sebuah database dan penggunaan Oracle sangat memakan banyak biaya, mulai dari device sampai diperlukannya DBA yang handal.
- HP dan pertahanan (DEF) yang tergolong sedang.

Pengolah database ini terbagi dalam beberapa varian dengan segmen dan tujuan penggunaan yang berbeda-beda. Database jenis ini biasanya digunakan oleh perusahaan yang besar karena database ini sangat mahal.
Berikut adalah Pekerjaan  yg berkaitan dengan database Oracle

1. DBA (Database Administrator)
2. Application developer. Sering disebut sebagai programmer. Kadang disebut SQL Developer.
3. Application Architect. Kadang disebut juga sebagai System Analyst
4. Data Architect. Untuk pekerjaan yang besar, Application Architect lebih fokus ke logical design, sementara untuk Physical Design dikerjakan oleh Data Architect. Namun kebanyakanpekerjaan Data Architect di-handle juga oleh Application Architect.

Perusahaan konsultan (penyedia jasa), berikut ini jenis pekerjaannya:
1. Pre Sales Engineer
Mendampingi sales dalam menjual Oracle, khususnya dalam menjelaskan product secara teknis. Sales biasanya menjual banyak (apa saja) product dan knowledge-nya tidak fokus (mendalam), makanya sales sangat membutuhkan pre-sales engineer.
2. Implementator
Setelah product terjual (calon customer jadi membeli product), maka tahap selanjutnya adalah implementasi. Pekerjaan ini meliputi: Instalasi,konfigurasi system, dan handover ke customer (user). Sering dijumpai, pekerjaan Implementator ini dirangkap oleh Pre Sales Engineer.
3. Maintenance
Setelah system berjalan, perusahaan konsultan bisa menawarkan jasa maintenance. Maintenance inilah yang merupakan pekerjaan pokok DBA. Scope DBA:
•Administrasi dasar (basic adminitration) •Backup & recovery •Tuning •Throubleshooting •Apply patch •Upgrade versi.
4. Trainer
Kebanyakan perusahaan konsultan juga menjual jasa training. Trainer ini bisa dedicated (dalam arti si employee kerjanya emang ngajar saja) ataupun tidak dedicated (bisa memakai employee lain, misalnya DBA, yang sedang tidak sibuk di proyek. Bisa juga memakai tenaga freelance).
Di sektor pendidikan formal, beberapa universitas telah memasukkan materi Oracle Database ke dalam kurikulum peminatan bidang study. Ini tentu saja menambah lapangan kerja buat profesi yang berkaitan dengan Oracle Database.
Oracle Server menyediakan solusi yang efisien dan efektif karena kemampuannya dalam hal sebagai berikut :
- Dapat bekerja di lingkungan client/server (pemrosesan tersebar).
- Menangani manajemen space dan basis data yang besar.
- Mendukung akses data secara simultan.
- Performansi pemrosesan transaksi yang tinggi.
- Menjamin ketersediaan yang terkontrol.
- Lingkungan yang terreplikasi.

1. MySQL

MySQL merupakan sebuah perangkat lunak system manajemen basis data SQL (bahasa inggris : data management system) atau DNMS yang multithread, multi-user, dengan sekitar 6 juta instalasi di seluruh dunia. MySQL AB membuat MySQL tersedia sebagai perangkat lunak gratis di bawah lisensi GNU General Public Licenci (GPL), tetapi mereka juga menjual dibawah lisensi komersial untuk kasus-kasus dimana penggunaannya tidak cocok dengan penggunaan GPL . Tidak seperti Apache yang merupakan software yang dikembangkan oleh komunitas umum, dan cipta untuk code sumber dimiliki oleh penulisnya masing-masing, MySQL dimiliki dan disponsori oleh sebuah perusahaan komersial Swedia yaitu MySQL AB. MySQL AB memegang penuh hak cipta hampir atas semua kode sumbernya. Kedua orang Swedia dan satu orang Finlandia yang mendirikan MySQL AB adalah : david axmark, allan larsson, dan Michael “monthy widenius.
Kelebihan MySQL antara lain :
- Free (bebas didownload)
- Stabil dan tangguh
- Fleksibel dengan berbagai pemrograman
- Security yang baik
- Dukungan dari banyak komunitas
- Kemudahan management database
- Mendukung transaksi
- Perkembangan software yang cukup cepat.

2. Oracle

Database Oracle adalah Database relasional yang terdiri dari kumpulan data dalam suatu sistem manajemen Database RDBMS. Perusahaan Software Oracle memasarkan jenis Database ini untuk bermacam-macam aplikasi yang bisa berjalan pada banyak jenis dan merk perangkat keras komputer (platform).
Database Oracle ini pertama kali dikembangkan oleh Larry Ellison, Bob Miner dan Ed Oates lewat perusahaan konsultasinya bernama Software Development Laboratories (SDL) pada tahun 1977. Pada tahun 1983, perusahaan ini berubah nama menjadi Oracle Corporation sampai sekarang.

3. Firebird

Firebird adalah salah satu aplikasi RDBMS (Relational Database Management System) yang bersifat open source. Awalnya adalah perusahaan Borland yang sekitar tahun 2000 mengeluarkan versi beta dari aplikasi database-nya InterBase 6.0 dengan sifat open source. Namun entah kenapa tiba-tiba Borland tidak lagi mengeluarkan versi InterBase secara open source, justru kembali ke pola komersial software. Tapi pada saat yang bersamaan programmer-progammer yang tertarik dengan source code InterBase 6.0 tersebut lalu membuat suatu team untuk mengembangkan source code database ini dan kemudian akhirnya diberinama Firebird.

4. Visual Foxpro 6.0

Pada tahun 1984, Fox Software memperkenalkan FoxBase untuk menyaingi dBase II Ashton-Tate. Pada saat itu FoxBase hanyalah perangkat lunak kecil yang berisi bahasa pemrograman dan mesin pengolah data. FoxPro memperkenalkan GUI (Graphical Unit Interface) pada tahun 1989. FoxPro berkembang menjadi Visul FoxPro pada tahun 1995. kemampuan pemrogrman prosural tetap dipertahankan dan dilengkapi dengan pemrograman berorietasi objek. Visual FoxPro 6.0 dilengkapi dengan kemampuan untuk berinteraksi dengan produk desktop dan client/server lain dan juga dapat membangun aplikasi yang berbasis Web. Dengan adanya Visual Studio, FoxPro menjadi anggotanya. Sasaran utama Visual Studio adalah menyediakan alat bantu pemrogrman dan database untuk mengembangka perangkat lunak yang memenuhi tuntutan zaman.
Model data yang digunakan Visual FoxPro yaitu model relasional. Model Relasional merupakan model yang paling sederhana sehingga mudah di pahami oleh pengguna, serta merupakan paling popular saat ini. Model ini menggunakan sekumpulan table berdimensi dua (yang disebut relasi atau table), dengan masing-masing relasi tersusun atas tupel atau baris dan atribut. Relasi dirancang sedemikian rupa sehingga dapat menghilangkan kemubajiran data dan mengunakan kunci tamu untuk berhubungan dengan relasi lain.

Demikian artikel yang bisa aku share diblog ini semoga bermanfaat dan mendapat nilai yang sempurna dalam memenuhi Tugas Sistem Basis Data.
See u all.
Happy Lunch ^_^

2 komentar:

  1. wahh, bemanfaat sekali infonya sis.. terimakasih :)

    BalasHapus
  2. Kembali kasih pak, semoga infonya bisa memberikan nilai yang sempurna ;)

    BalasHapus